Kelas Inspiratif

Kupas Tuntas Strategi Kuliah Luar Negeri Jalur Beasiswa Bersama Bob Andri

Perkenalkan nama saya Bob Andri. Saya alumni Teknik Mesin dan Biosistem IPB angkatan 49 (2012), sekarang sedang menempuh pendidikan master tahun ke-2 di MIE University, jurusan T. Informatika Lingkungan. Saat ini saya aktif sebagai anggota PPI Komsat MIE.


Saat ini saya menerima full beasiswa MEXT (Monbukagakusho) dari pemerintah Jepang. Beasiswa ini dibuka setiap tahun untuk semua jenjang pendidikan dari D1, D2, D3, S1, S2, dan S3 dan semua bidang study.

Untuk full beasiswa ke Jepang sendiri ada cukup banyak. Ada JICA, INPEX, ADB, dan JSPS. Tapi untuk saat ini saya akan menjelaskan tentang beasiswa MEXT. MEXT sendiri terbagi atas 3 jalur masuk.

  • G to G (government to government)
  • U to U (university to university)
  • University recommendation.
  1. G to G adalah beasiswa MEXT yg didaftar melalui kedutaan besar Jepang di Indonesia. Dibuka setiap tahun dibulan April. Kelebihan : tidak perlu mencari calon professor dan kampus tujuan terlebih dahulu. Kekurangan : proses screening nya terlalu bnyak, serta waktu tunggu yg cukup lama.
  2. U to U, beasiswa ini bisa didaftar melalui hubungan kerjasama antara kampus di Indonesia dan di Jepang. Kelebihan : proses nya jauh lebih mudah, dan waktu tunggu yang cukup singkat. Kekurangan : beasiswa tidak terbuka untuk umum, hanya mahasiswa di suatu kampus tertentu yang dapat mendaftar.
  3. University recommendation. Beasiswa ini bisa didaftarkan atas rekomendasi seorang professor di salah satu kampus Jepang. Kelebihan : waktu tunggu beasiswa singkat. Kekurangan : harus terlebih dahulu mencari calon professor, dan semua penilaian bergantung pada potensial research plan.

University recommendation dibuka mulai october – maret. Bergantung pada masing2 kampus. Kalau U to U saya tidak tau pasti, bergantung pada kesepakatan kerjasama antar kampus.


Apasih yang butuhkan untuk melamar beasiswa?. Dan berapa lama persiapan yg saya lakukan?. Saya mempersiapkan diri melamar beasiswa itu 1 tahun. Dimulai ketika saya naik ke tingkat 3 sem 7.


Karena untuk melamar beasiswa banyak yg harus dipersiapkan dengan matang. Apa saja sih diperlukan dalam mencari beasiswa?.

  1. Harga yng tidak bisa kita tawar dan kunci untuk kita bisa apply yaitu score Toefl atau IELTS. TOEIC juga bisa jika tujuan anda ke Jepang. Waktu zaman saya TOEFL min itu hanya 500, tapi skrg sudah 575.
  2. Research plan atau proposal penelitian, di Jepang buat research plan tidak susah seperti di Indonesia. Max 2 lembar.
  3. Study plan atau rencana study.
  4. Surat keterangan medical check up.
  5. CV
  6. Izajah dan transkrip.


Ketika semua proses sudah lengkap. Maka 100% bisa dipastikan kita akan melaju ke tahap selanjutnya yaitu test. Nah ada bedanya G to G dan University recommendation. Jika G to G anda mengambil ujian di kedutaan, kalau university recommendation ujian nya setelah 6 bulan menerima beasiswa yaitu ujian masuk graduate school.


Tahap akhir yaitu Interview. Disini akan diuji keyakinan kalian untuk mendapatkan beasiswa. Tricknya sampaikan output ketika kalian selesai study di Jepang. Karena harapan dari pemeberi beasiswa adalah output apa yg akan kalian berikan untuk Indonesia dan Jepang. Dan apa urgensi nya penelitian ini dilakukan buat indonesia dan jepang.


Didalam sebuah kompetisi mencari beasiswa pastikan bahwa anda fokus untuk mendapatkan nya. ”Winners focus on winning, losers focus on winner.” Terkadang kita terkendala oleh suatu hal, dan yg palig mayoritas masalahnya adalah Toefl atau IELTS score. Nah masalah inilah yg sering buat kita malas, kemudian berputus asa, dan kurang percaya diri.

Bagaimana cara mengatasi hal ini?.


Caranya belajar pelan, pelan. Semua itu tidak ada yg instan. Semua butuh process. Tidak perlu memperhatikan org lain, oh dia lebih ini dari saya, lebih itu dari saya. Oh dia anak org kaya, jadi bisa ambil kursus toefl atau ielts. Stop making excuses, karena di internet dan youtube anda bisa dapatkan guru native secara gratis. stop letting into distraction, stop getting unfocussed, stop blaming other people, and stop relying on talent. Remember, hard work beats talent everytime talent doesn’t hard work.


The more time and energy we focus on someone else, the less time we have to focus on ourselves. Mulai dari diri sendiri. Focus pada prosess diri sendiri. Because the only metric major performance is how we see ourselves.

Kebanyakan dari kita ingin jadi pemenang, tapi sedikit yang mau menyiapkan diri. Sedikit yang mencintai process, sedikit yg mau bekerja keras. Karena kebanyakan dari kita hanya addicted and obsessed with the result or what we want. Tanpa kita menyadari jika keberuntungan itu selalu ada ketika kesempatan bertemu dengan kerja keras dan versi diri kita yg terbaik dengan segala persiapan yang matang.

Kesempatan untuk kuliah ke luar negeri selalu ada setiap tahun. Tinggal lagi sudah sampai mana kita mempersiapkan diri kita. MEXT,JICA, DAAD, Fullbright, LPDP, KGSP, China government scholarship, Taiwan governments scholarship, dll selalu buka setiap tahun dan menunggu versi terbaik dalam diri kita. Tetap berusaha dan berdoa.

Bagaimana sih perkuliahan di Jepang?. Perkuliahan saya di Jepang di ajarkan dalam bahasa inggris dan bahasa Jepang tergantung pada professor yang mengajar. Kemudian atmosphere nya menarik karena kita datang dari berbagai negara dan benua. Sering diskusi banyak hal mengenai budaya dan bahasa.

Kalau untuk penelitian, mahasiswa di wajibkan datang ke lab setiap hari untuk belajar secara mandiri. Lab terbuka 24 jam untuk mahasiswa. Dilengkapi dengan fasilitas yg membuat mahasiswa nyaman seperti kompor, lemari es, TV, Nintendo switch juga ada, berbagai macam perlengkapan olahraga, komputer atau PC, meja diskusi, printer, internet dll. Jadi bisa dibilang lab lebih nyaman dibandingkan apartment saya.

Tantangan kuliah di Jepang sebenarnya cuma musim dingin, ama bahasa. Kalau saya sebagai muslim tidak terlalu sulit karena bnyak makanan halal yg disediakam di kafetaria kampus dan ada mushola di fakultas serta ada masjid juga.

Sesi Tanya Jawab 1:


Nama : Rahma Haniffia/Sistem Informasi
Hal apa yang perlu banget diperhatikan disaat apply student exchange ini?

Nama : Dilla Nursyafitri
Jurusan : Mipa Kimia
Saya mau bertanya kak, bagaimanakah struktur penyusunan proposal rencana studi yg baik dan apa bedanya proposal studi dgn proposal research dalam formatan penulisannya. Terimakasih

Nama: Ahmad Fauzie Maulana
Jurusan: Matematika
Izin bertanya kak

  1. Kuota dan tempat tes beasiswanya dimana dan berapa ya kak? Dan adakah alasan tertentu kenapa kakak memilih monbu sebagai beasiswa yg kakak ambil? Seperti yg kakak bilang ada banyak beasiswa full yg disediakan, salah satunya yg saya tau itu mitsui-bussan juga full scholar
  2. Dari serangkain test yg kakak hadapi, test apa yg paling menyulitkan kakak? terutama kakak bilang mulai mempersiapkan diri di sem.7, adakah kendala saat belajar monbu dengan jadwal kuliah?
  3. Dengan diterimanya kakak sebagai awardee, pastinya dibutuhkan persiapan untuk pergi ke jepang, yg salah satunya itu bahasa. Apakah kakak ada kursus lagi atau ada kursus bahasa yg disediakan oleh pihak beasiswanya? Dan culture shock apa yg kakak rasakan selama tinggal di Jepang?

Jawaban untuk Sesi 1

Untuk Fauzi Maulana

  1. Untuk kuota MEXT sendiri saya tidak tau pastinya. Alasan saya memilih MEXT University recommendation jadwal pembukaan nya paling dekat dengan jadwal saya wisuda. Saya wisuda oktober dan desember kesempatan itu ada. JICA dan INPEX sudah lewat pada waktu itu.
  2. Test yang paling sulit adalah meyakinkan calon professor saya, dan test interview. Kendala saat belajar untuk dapat beasiswa, adalah saya harus test berkali kali untuk toefl. Di semester 7 itu udh renggang kuliah, jadi saya punya bnyak waktu untuk belajar dan mempersiapkan semua dokumen saya.
  3. Ada 6 bulan di sediakan kursus bahasa. Tapi gak wajib2 amat kok bisa bahasa Jepang. Tapi buat saya pribadi itu keharusan. Culture shock pertama yg saya hadapi di Jepang itu masalah sampah. Disni semua sampah itu bedakan dan aturan nya ketat. Kalau tidak bisa ditendang oleh dormitory kampus.

Buat Rahma haniffia.
Saya sendiri belum pernah student exchange. Karena waktu saya mahasiswa saya magang di pusat pengembangan engine diesel dan tractor di Jepang. Tapi pengalaman teman saya yg exchange yg kamu butuhkan hanya kemampuan berbahasa inggris, Visa, Transkrip dan surat keterangan aktif sebagai mahasiswa.


Untuk Dilla Nursyafitri.
Struktur susunan proposal research mengikuti kaidah yaang umum. Dimulai dari background sampai dengan hasil keluaran yg diharapkan. Dan itu harus disusun dalam 2 lembar, tidak perlu ada study pustaka. Research proposal menjelaskan bagaimana kita mencapai tujuan research kita.

Kalau study plan itu adalah rencana study. Misal 6 bulan pertama saya akan belajar bahasa jepang, semester 1 saya mau belajar tentang ini itu, hingga semester terakhir saya mau publikasi penelitian, menghadiri international conference, setelah lulus saya ingin lanjut Doctor/ bekerja di Jepang/ pulang ke Indonesia. Utarakan secara jelas dan terstruktur.

Sesi Tanya Jawab 2:

Nama:Nadya Puti Fatiha
Jurusan: sosiologi
Apakah juga ada karantina bahasa jepang seperti karantina bahasa arab yg dilakukan bagi mahasiswa timur tengah?? Pertanyaan kedua apakah beasiswa tersebut dipengaruhi oleh nilai dari tes kita tersebut?? Seperti beasiswa yg diberikan oleh universitas² lain??


Nama : Iqbal Malik Alfaruq
Jurusan : Sistem Informasi
Pertanyaan

  1. Kak, kan pada University recomendation tu kita didaftarkan atas rekomendasi oleh professor di salah satu univ di jepang, bagaimana agar kita direkomendasikan?
  2. Jika kita sudah mendapatkan beasiswa, apakah kita boleh bekerja sampingan disana(jepang)?

Nama : Tiara
Jurusan : Fasilkom – Sistem Informasi
Pertanyaan :
Terima kasih informasi dan motivasinya Kak. Saya mau bertanya. Sejauh yang Kakak tahu, perkiraannya, berapa persen yg dapat kesempatan beasiswa MEXT kak? Selain itu, poin penting agar berpeluang lebih besar dapat beasiswa MEXT apa kak? Apakah proposal penelitiannya, CV, atau transkrip nilai? Terima kasih

Jawaban untuk Sesi 2

Untuk nadya.
Jadi ketika kita mendapatkan beasiswa, kita 6 bulan akan berstatus research student. Kerja nya apa ? Kerjanya bantu professor melakukan penelitian, belajar buat ujian masuk serta mendapatkan kelas bahasa Jepang. Tidak ada prosess karantina, setelah 6 bulan kita bebas, mau lanjut ambil kelas bahasa jepang ke level berikutnya atau tidak. Kalau yg di maksudkan tes ujian masuk, kyknya gak ada. Selama kamu dinyatakan lulus. Jadi pengumumannya hanya lulus atau tidak peringkat berapa juga gak masalah.


Untuk Iqbal :
Bagaimana cara mendapatan calon professor?. Saya pribadi dengan mengirimkan email secara langsung kepada sih professor. Alamat email sih professor tersedia di publikasi paper, di website kampus, atau kita bisa minta kenalan professor dari pembimbing skripsi kita. Kali aja beliau kenal dengan professor2 disni.

Boleh sekali kok. Saya kerja sampingan. Sabtu saya ngajar bahasa inggris. Minggu pagi saya kerja di restoran. Total perminggu saya kerja 10 jam. Dengan penghasilan sebulan 35-40 ribu yen ( dalam rupiah mungkin sekitar 4.5 juta).


Untuk tiara.
Perkiraan saya untuk MEXT saya kurang tau, jadi mohon maaf saya tidak bisa jwb. Tapi tetap yakin saja ”winners focus on winning”. Setiap jalur MEXT memiliki point masing2. Tetapi kalau untuk jenis jalur MEXT university recommendation point penting itu bukan pada Toefl score, tapi pada research plan (seberapa fresh penelitian kalian untuk dilakukan) saran saya banyak2 baca jurnal jurnal terbaru yang berkaitan dengan bidang ilmu kalian, dan aktifitas international. Seperti exchange, magang, atau menghadiri international conference dan publikasi penelitian.


Ketika kita mencoba untk menjadi lebih baik dari diri kita yg kemarin, Kita akan berkembang. Tetapi ketika kita mencoba untuk menjadi lebih baik dari orang lain, maka perkembangan kita terhambat.
Musuh terbesar dalam diri kita itu bukan org lain, tapi diri kita sendiri. Rasa malas, putus asa, mudah menyerah, selalu menyalahkan org lain, mudah marah dll itu semua musuh dalam diri kita. Jadi tetap focus untuk mengembangkan diri kalian

Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close